• SMP PLUS AL KOHAR
  • Sekolah Penggerak - Taat, Hebat, Bermartabat

Visi, Misi dan Tujuan

VISI

Membentuk Calon Generasi Masa Depan Yang Beribadah TAAT, Berprestasi Belajar HEBAT, Cinta Lingkungan BERMARTABAT.

 

MISI

  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang indah, nyaman, dan aman sebagai wahana kegiatan belajar bagi seluruh warga sekolah.
  2. Membudayakan kegiatan 5-S yaitu senyum, salam, sapa, sopan, dan santun untuk mewujudkan pribadi yang berakhlakul karimah.
  3. Menciptakan suasana kehidupan sekolah yang menjunjung tinggi nilai budaya religius dan bermartabat.
  4. Mengembangkan mutu kelembagaan dan manajemen secara profesional, proporsional serta akuntabel.
  5. Memenuhi standar Kurikulum Operasional Sekolah Penggerak yang merujuk pada Profil Pelajar Pancasila dan mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
  6. Mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah sebagai upaya strategis dalam memperluas pengetahuan peserta didik.
  7. Meningkatkan E-Literate (melek digital) dikalangan peserta didik yang terbimbing dan terarah, sebagai modal karakteristik peserta didik abad 21 yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
  8. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dengan pendidikan dan pelatihan melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) terutama dalam mengintegrasikan IT dalam pembelajaran.
  9. Menumbuhkan karakteristik Profil Pelajar Pancasila untuk mendorong peserta didik menggali potensi dirinya agar berkembang sehingga meraih cita-cita yang diinginkannya.
  10. Menerapkan sistem pembiayaan sekolah yang transparan dan akuntabel.

 

TUJUAN

Merujuk pada indikator pencapaian misi, maka disusunlah tujuan yang sesuai dengan karakteristik melaksanakan Kurikulum Operasional Sekolah Penggerak, maka SMP plus Al Kohar Tarogong Kidul menetapkan tujuan berikut:

 

Tujuan Umum

Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

 

Tujuan Khusus

a. Isi dan Proses

  • Mengembangkan kurikulum sistem pembelajaran dengan paradigma baru.
  • Memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dan mampu memanfaatkan platform pembelajaran digital.
  • Mengembangkan kurikulum dengan berpedoman pada prinsip dan struktur Kurikulum Operasional Sekolah.
  • Meningkatkan mutu dan mengembangkan inovasi pembelajaran berkualitas yang berpusat pada siswa.
  • Peningkatan mutu kelembagaan dan manajemen melalui implementasi MBS untuk menuju ketercapaian Standar Nasional Pendidikan.

b. Sarana dan Prasarana

  • Memiliki sarana prasarana sekolah yang memadai sebagai penunjang pembelajaran sehingga tercipta sekolah sebagai pusat edukasi, informasi, dan rekreasi.
  • Meningkatkan inovasi fasilitas pembelajaran dengan pembuatan ruang micro-teaching.

c. Terwujudnya Lulusan

  • Memiliki karakteristik Profil Pelajar Pancasila.
  • Terwujudnya struktur kurikulum operasional sekolah penggerak yang memuat kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan); Capaian Pembelajaran; penyebaran peta beban belajar siswa yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan potensi diri dan prestasi secara optimal.
  • Terselenggara pelayanan belajar yang efektif dengan dukungan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan asesmen yang tepat melalui indikator terpenuhinya Capaian Pembelajaran Fase D yang sesuai konteks satuan pendidikan dalam memenuhi standar proses pembelajaran yang menerapkan Paradigma Baru.
  • Terselenggara asesmen yang menunjang terpenuhinya tertib dokumen sistem informasi penilaian, yaitu: (a) buku nilai guru (b) sistem infomasi penilaian tingkat satuan pendidikan (c) leger (d) buku induk siswa, dan (e) rapor
  • Terselenggara sistem pengembangan keprofesian pendidik secara berkelanjutan sehingga kompetensinya sesuai dengan kebutuhan mewujudkan target pelaksanaan kurikulum operasional sekolah yang ditetapkan dalam dokumen KO.
  • Terselenggara kegiatan supervisi pembelajaran secara terprogram minimal sekali dalam satu semester sebagai dasar pelaksanaan peningkatan mutu kompetensi pendidik dan perbaikan proses pembelajaran secara berkelanjutan.
  • Terpenuhinya standar sarana-prasarana yang menunjang suasana sekolah yang kondusif dan pembelajaran yang efektif.
  • Terpenuhinya standar pengelolaan biaya sekolah yang transparan, tertib administrasi dan pertanggungjawaban, serta akuntabel.
  • Terpenuhinya standar pengelolaan sekolah yang didukung dengan dokumen kurikulum operasional sekolah, rencana kerja jangka menengah, rencana kegiatan tahunan, rencana anggaran sekolah, serta instrument evaluasi keterlaksanaan dan ketercapaian program.

Halaman Lainnya
Sarana dan Prasarana

Plang Sekolah

21/01/2022 08:56 - Oleh Administrator - Dilihat 916 kali
Profil

PROFIL SMP PLUS AL KOHAR TAROGONG KIDUL silahkan klik tautan di bawah ini : https://www.youtube.com/watch?v=JLayFAROgpQ    PROFIL PELAJAR SMP PLUS AL KOHAR TAROGONG KIDUL Bent

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 1625 kali